google.com, pub-9591068673925608, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Penting Diketahui! Inilah Makanan yang Dipantang Penderita Asam Lambung - Dust Mite Bites

Penting Diketahui! Inilah Makanan yang Dipantang Penderita Asam Lambung

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Sistem pencernaan merupakan saluran dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mencerna atau memproses makanan yang dikonsumsi.


Sistem pencernaan terdiri dari organ-organ tertentu, yang mana salah satunya yaitu lambung. Lambung merupakan organ pencernaan yang memiliki fungsi sebagai tempat dimana makanan yang dikonsumsi dicerna serta sebagai tempat penyerapan sari makanan.


Sama dengan organ pencernaan lainnya, lambung juga sering diserang oleh penyakit. Dimana salah satu penyakit pada lambung yaitu Asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Asam lambung itu sendiri merupakan penyakit umum yang sering diderita oleh banyak orang. Namun, kebanyakan orang tidak tahu atau tidak pernah menyadari akan penyakit yang satu ini. Hal ini disebabkan karena kurang paham atau ketidaktahuan mereka akan gejala-gejala yang ditimbulkan.


Sistem pencernaan merupakan saluran dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mencerna atau Penting Diketahui! Inilah Makanan yang Dipantang Penderita Asam Lambung


Kondisi tersebut disebabkan karena naiknya asam lambung di dalam lambung menuju esofagus. Asam lambung itu sendiri yaitu zat asam yang berfungsi membantu lambung dalam menjalankan fungsinya untuk mencerna makanan.


Biasanya ketika asam lambung naik akan menyebabkan rasa nyeri dan sensasi terbakar pada dada. Yang mana asam lambung naik itu sendiri disebabkan karena berbagai macam faktor, seperti gaya hidup yang kurang tepat atau menerapkan pola makan yang tidak sehat.


Ada beberapa jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita asam lambung, agar asam lambung tidak naik dan bertambah parah sehingga akan menyebabkan komplikasi lainnya.


Makanan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung


Buah-Buahan dan Sayuran


Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan yang dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Namun, tidak semua jenis buah-buah memiliki manfaat yang baik, karena ada  beberapa jenis buah dan sayuran yang dipantang untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Buah yang dimaksud yaitu, pisang ambon, kedondong, nangka, dan buah yang dikeringkan. Sedangkan untuk sayur yaitu, sawi dan kol. Makanan-makanan tersebut kaya akan gas, yang mana dapat memicu naiknya asam lambung.


Minuman Bersoda


Minuman bersoda juga sangat dipantang bagi mereka yang menderita asam lambung. Minuman bersoda memang akan sangat nikmat dikonsumsi karena menyegarkan. Akan tetapi, mengkonsumsi minuman ini secara terus-menerus justru berdampak buruk untuk kesehatan, salah satunya yaitu naik atau tingginya asam lambung. Efek yang biasanya akan ditimbulkan oleh minuman ini yaitu perut menjadi kembung dan tidak nyaman. Selain itu, kandungan gula yang cukup tinggi pun akan meningkatkan resiko obesitas.


Makanan Berlemak


Makanan berlemak dapat menyebabkan naiknya berat badan dan kolesterol dalam tubuh. Selain itu, mengkonsumsi makanan berlemak juga dapat meningkatkan resiko naiknya asam lambung. Pasalnya, makanan berlemak merupakan salah satu jenis makanan yang sulit dicerna sehingga akan memperlambat proses pengosongan lambung. Apabila dibiarkan, maka peregangan pada lambung akan meningkat, sehingga pada akhirnya kadar asam di dalam lambung akan menjadi meningkat.


Cokelat


Cokelat adalah makanan yang harus dihindari ketika asam lambung meningkat. Hal ini disebabkan karena cokelat mengandung kafein serta mengandung lemak yang tinggi.


Makanan Pedas


Makanan pedas akan menyebabkan mulas, juga tidak baik untuk kesehatan lambung. Selain itu, makanan pedas juga dapat menyebabkan asam di dalam lambung menjadi semakin meningkat. Ketika asam lambung meningkat makanan pedas harus dihindari. Hal ini disebabkan karena makanan pedas akan menambah rasa sakit dan terbakar pada perut, tenggorokan dan dada.


Makanan Berbahan Tomat


Tomat merupakan salah satu makanan sehat. Namun, dibalik itu semua tomat juga mengandung kadar asam yang cukup tinggi, sehingga apabila dikonsumsi akan menyebabkan asam lambung semakin meningkat. Hindari makanan berbahan tomat, seperti saus tomat, spageti dan lain sebagainya.


Alkohol


Di dalam alkohol memang tidak terkandung banyak asam. Namun, ketika meminumnya akan menimbulkan berbagai macam masalah. Meminum alkohol akan menyebabkan asam lambung meningkat dan semakin naik ke kerongkongan. Hal ini akan semakin terjadi apabila anda mencampur alkohol dengan minuman lainnya seperti jus.


Itulah beberapa makanan yang dipantang atau harus dihindari ketika asam lambung naik, karena mengkonsumsi makanan di atas justru akan semakin membuat asam lambung naik.


Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah naiknya asam lambung. Untuk mengetahuinya anda bisa simak di bawah ini.


Mencegah Naiknya Asam Lambung


Konsumsi Buah yang Dapat Mencegah Asam Lambung Naik


Jenis buah-buahan tertentu diyakini mampu mencegah naiknya asam lambung. Berikut ini buah-buahan yang dimaksud:


Semangka


Buah semangka merupakan buah yang mudah kita temukan dan bisa dibeli dengan harga terjangkau. Buah berawarna merah ini selain segar dan nikmat ketika dikonsumsi juga berfungsi untuk menjaga kadar asam dalam tubuh.


Mangga


Mangga mengandung antioksidan dan anti-inflamasi. Yang mana kandungan tersebut berfungsi untuk menjaga lapisan lambung dan lapisan perut.


Mentimun


Mengkonsumsi buah timun dapat mengurangi sensasi panas di dalam tubuh, serta mampu mengobati rasa sakit pada perut yang disebabkan karena kelebihan asam lambung.


Konsumsi Makanan dan Minuman yang Dapat Mencegah Asam Lambung


Jahe


Jahe merupakan tanaman obat yang bersifat anti-inflamasi. Yang mana sifatnya ini mampu membantu dalam mengobati atau menangani gangguan pencernaan.


Air Kelapa Muda


Selain menyegarkan, air kelapa muda juga mampu membantu mengembalikan elektrolit di dalam tubuh yang berkurang karena aktivitas. Selain itu, elektrolit yang terkandung di dalam air kelapa juga bisa menjaga kadar keasaman lambung agar tidak meningkat dan tetap seimbang.


Oatmeal


Oatmeal merupakan menu sarapan terbaik untuk mengurangi naiknya asam lambung. Selain dijadikan menu sarapan, oatmeal juga bisa dijadikan sebagai cemilan sehat.


Susu


Di dalam susu terkandung kalsium yang cukup tinggi. Sehingga berfungsi sebagai obat antasida yang berfungsi untuk menetralkan asam lambung.


Cuka Sari Apel


Cuka sari apel dianggap efektif untuk mngurangi asam lambung di dalam perut. Pasalnya, di dalam cuka sari apel mengandung enzim dan asam sehat yang dapat membantu menetralkan asam di lambung.


Kurangi Konsumsi Karbohidrat


Gejala asam lambung bisa dikurangi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung gula dan tinggi akan karbohidrat. Berdasarkan penelitian, karbohidrat berperan dalam memicu asam lambung dibandingkan dengan makanan berlemak atau kopi.


Minum Air Putih Cukup


Dehidrasi dapat mempengaruhi peningkatan asam lambung. Namun, terlalu banyak minum pun dapat membuat lambung cepat penuh. Oleh sebab itu, kita harus bisa mengontrol ketika minum. Anda bisa minum air putih dengan porsi yang dianjurkan sekitar 8 gelas dalam setiap harinya.


Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Dapat Memicu Naiknya Asam Lambung


Menghindari makanan yang dapat memicu naiknya asam lambung seperti yang sudah disebutkan di atas bisa dilakukan sebagai upaya pencegahan.


Kurangi Berat Badan


Kelebihan berat badan menjadi salah satu pemicu naiknya asam lambung. Untuk menguranginya, bisa melakukan diet sehat dengan mengkonsumsi sayuran yang kaya akan serat dan mengandung karbohidrat kompleks. Berat badan yang ideal mampu mencegah naiknya asam lambung.


Kurangi Stress


Stress juga dapat memicu naiknya asam lambung. Oleh sebab itu, menghindari stress sangat dianjurkan sebagai langkah pencegahan.


Itulah beberapa tips mencegah naiknya asam lambung. Semoga bermanfaat.


 




Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penting Diketahui! Inilah Makanan yang Dipantang Penderita Asam Lambung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel